Sunday, March 2, 2008

Tentang Klorofil

Apa itu Chlorophyll (Klorofil) ?
Chlorophyll (Klorofil) adalah pigmen warna hijau / zat hijau pada daun (tumbuhan) yang menyimpan energi dari matahari saat terjadinya proses fotosintesis. Chlorophyll mempunyai kemampuan merubah energi yang didapat dari sinar matahari menjadi berbagai fungsi penunjang hidup. Dari mineral dan zat yang ada pada tanah, Chlorophyll membuat tumbuhan dapat memanfaatkan sinar matahari dengan merubahnya menjadi vitamin, lemak, protein dan karbohidrat kompleks. Zat yang sama yang juga dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Secara kimia Klorofil memiliki struktur yang serupa dengan sel darah merah manusia (hemoglobin), hanya berbeda pada pusat atomnya yang berupa magnesium (Mg), sedangkan pada darah manusia adalah zat besi (Fe). Kesamaan struktur inilah yang membuat klorofil bisa bekerja secara efektif di dalam darah manusia & tidak dianggap "benda asing".

Chlorophyll memiliki bagian Kepala & Ekor dengan fungsinya masing-masing. Bagian Kepala: bersifat Hydrophilic (sangat suka air), akan menarik keluar bagian Ekor yang telah mengikat senyawa Hidrokarbon & membawanya keluar bersama-sama dengan kotoran (feses).
Bagian Ekor: Bersifat Lipophilic (sangat suka lemak) & Hydrophobic (tidak suka air). Mampu masuk kedalam sel/jaringan & mengangkat senyawa Hidrokarbon (pewarna & pengawet makanan, pestisida, timbunan obat-obatan, nikotin), logam berat, bakteri & virus.

Oleh karena itu, Chlorophyll sangat efektif untuk
membantu proses Pembersihan atau Detoksifikasi dalam tubuh. Kerja Ginjal & Liver (sebagai organ pembersih) akan menjadi terbantu (lebih ringan) dan tubuh menjadi lebih bersih.

Namun riset membuktikan sifat aktif bio-molekul klorofil hilang jika mengalami proses pengolahan panas. Sehingga sayuran hijau yang dimasak matang telah kehilangan banyak zat penting yang dibutuhkan tubuh. Klorofil adalah satu-satunya zat yang paling cepat bersenyawa dengan darah manusia. Tidak seperti zat lain, klorofil dikenali tubuh bukan sebagai "zat asing" karena memiliki kesamaan struktur dengan darah merah.

Klorofil telah digunakan untuk penyembuhan berbagai macam penyakit sejak zaman Yunani kuno dan sekarang dengan kemajuan teknologi yang telah ada ditambah lagi dengan menurunnya kualitas hidup manusia modern, klorofil kembali lagi dengan berbagai keunggulannya yang telah ditingkatkan untuk menunjang dan memulihkan manusia modern dari gaya hidupnya sekarang.

Back

No comments: